Pengalaman baru..

Seperti baru belajar berjalan dan mencari arah..

Semoga lebih baik..

Tetap kunci mimpimu..

Dan berdoa..

Suatu saat kembali ke jalan yang semestinya.

Iklan

Perawatan Paliatif

Sejauh mana sih orang-orang mengetahui​ tentang paliatif care??

Yuk simak pembahasan tentang paliatif disini..Release plg lama 3 Minggu lagi yah ☺☺

PELATIHAN BABY MASSAGE & SPA

Bismillah…

Tahun baru SEMANGAT BARU ^^

Apa kabar nih para reader blog SMART NURSE ?? (Semoga semua dalam keadaan sehat & bahagia ya 🙂 )

Admin (red: ce imin) telah lama hibernasi, mohon maaf ya..InsyaAllah lebih aktif lagi sharing di blog ini..

OK Baiklah, berhubung  kita berada di Tahun 2016 ce imin mau bagi – bagi cerita nih tentang pengalaman mengikuti pelatihan BABY MASSAGE & SPA. Pelatihannya SERUU BANGET lo..(seru kenapa sih?? hayo ada yang penasaran ya..hihii

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 4 & 5 Januari 2016 bertempat di Wisma Makara UI. Pelatihan ini diikuti oleh 32 orang peserta yang berstatus sebagai mahasiswa Magister Keperawatan Anak UI dan para Perawat yang bekerja di RSAB Harapan Kita. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Perawat Anak dalam melakukan Pijat bayi bagi bayi sehat ataupun sakit serta berbagi pengalaman berbisnis dari para trainer yang KEREEN banget..

Sesi pelatihan diawali dengan sesi hipnospiritual dimana para peserta diharuskan membuang energi – energi negatif dari tubuh dan pikirannya. Kenapa begitu? Kenapa energi ini harus dihilangkan? (ada yang tanya dalam hati nih?)

Ternyata memijat bayi tidak sembarangan pemirsa, karena bayi juga manusia. Bayi walaupun bahasanya belum bisa dimengerti sepenuhnya, namun kita wajib sensitif atas alarm yang disampaikan bayi. Memijat bayi bukan sekedar melemaskan otot – otot bayi , namun juga memberikan efek bahagia bagi bayi. Pijatan yang diberikan oleh orang yang memijat berasal dari sentuhan “touching” yang membahagiakan bayi. Untuk itu pemijat harus mengenal dan mempersiapkan energi yang positif bagi bayi. Poin penting dalam memberikan pijat bayi yaitu “touching“.

Mau tau “touching” itu apa?? Mau tahu info tentang pijat bayi??

Sabar dulu, tunggu update selanjutnya yaa 😀 (kesenengan ce imin buat penasaran..kkk)

IHCA

Yukk Baca & Pahami UU Keperawatan !!

7a0fd6e2bc5a2b8a11875b838ec1f491Alhamdulillahirobbil’alamin, akhirnya usaha, air mata dan perjuangan selama ini telah membuahkan hasil. Para Perawat Indonesia merasa berbahagia atas disahkannya UU Keperawatan yang menjadi payung hukum dalam memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas. Demi terjaminnya hak-hak klien, perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan serta terciptanya pelayanan kesehatan yang akuntibel maka Undang -Undang Keperawatan ini menjadi “penyemangat” dan “panduan” yang wajib diketahui oleh semua Perawat di Indonesia.

Untuk itu, mulailah untuk membaca, memahami, mensosialisasikan dan menerapkan asuhan keperawatan sesuai dengan UU Keperawatan ini agar Eksistensi Keperawatan dapat lebih diakui & dihargai di negeri sendiri.
Ingat pepatah “Dari kita, Oleh kita, Untuk kita INDONESIA..

WELCOME TO THE NEW ERA OF NURSING 🙂

LINK DOWNLOAD UU KEPERAWATAN..

SELAMAT MEMBACA TEMAN SEJAWAT ^^

UU No. 38 Th 2014 ttg Keperawatan

Download Askep KMB Kardiovaskuler

Bagi yang mau download Askep KMB kardiovaskuler ada disini…

Ini diambil dari tugas makalah Mahasiswa Semester 3 Akademi Keperawatan Pemkab. Tapanuli Tengah…Mereka menyusunnya dari berbagai sumber..

NB: Cuma boleh sebagai tambahan referensi tapi jangan sepenuhnya diterima dengan total lebih baik dicari lagi dari textbook 😉

Semoga bermanfaat SOBAT ^^

>>>> Askep KMB kardiovaskuler kardio ucha aryati ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN VENTRIKEL SEPTAL DEFEK askep angina pectoris

Download RPP Keperawatan Anak

Assalamu’alaikum SOBAT..

Annyeonghaseo..(Hanguk lover)..hehhhee

Lama tak bersua di dunia maya,, moga semua makin LUARRRR BIASA^^

Btw,, Semester ini kampus kami memulai gebrakan baru di bidang kurikulum, walau mgkn ga asing lg atau sudah banyak perguruan tinggi yang mengaplikasikannya kami baru aja..Yupp, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)..

Ibarat masa bayi, kampus kami baru mulai mencoba praktek ajar mengajar dengan metode KBK,,dimulai dari penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggantikan GBPP dan silabus yang sebelumnya diterapkan..

Karena bahan ttg tehnik penyusunan RPP ini msh sangat minim, saya berusaha mencari lewat mbah google,,yahh alhasil gak dapat apa2 selain RPP buat siswa sekolah menengah..hoho

Tapiii, saya gak pantang menyerah, akhirnya dengan bermodal panduan yang diberikan akhirnya saya berhasil menyusun RPP KBK untuk mata kuliah Keperawatan Anak..HORREEE 😀

Walau mungkin masih sangat perlu perbaikan disana sini, tp saya berniat untuk share RPP buatan saya ini, yang nantinya bisa disesuaikan lg dengan kebutuhan yang ada di masing2 kampus akademi keperawatan,ada yg mau ?? 😉

Klo mau ini dia,,,TARRRA!!

RPP anak fix

RPP prak anak

Semoga Bermanfaat SOBATQ…

ASUHAN KEPERAWATAN ANGINA PECTORIS

1. PENGERTIAN

  • Angina pektoris adalah suatu syndrome klinis yang ditandai dengan episode atau perasaan tertekan di depan dada akibat kurangnya aliran darah koroner, menyebabkan suplai oksigen ke jantung tidak adekuat atau dengan kata lain, suplai kebutuhan oksigen jantung meningkat. (Smeltzer dan Bare, 2002 : 779)
  • Angina pektoris adalah suatu sindrom kronis dimana klien mendapat serangan sakit dada yang khas yaitu seperti ditekan atau terasa berat di dada yang seringkali menjalar ke lengan kiri. Sakit dada tersebut biasanya timbul pada waktu pasien melakukan suatu aktivitas dan segera hilang bila pasien menghentikan aktivitasnya. (Noer, Sjaifoellah, dkk. IPD, 1999 : 1082)
  • Angina pektoris adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis rasa tidak nyaman yang biasanya terletak dalam daerah retrosternum. (Penuntun Praktis Kardiovaskuler)

2.      ETIOLOGI

  •  Ateriosklerosis
  • Spasme arteri koroner
  • Anemia berat
  • Artritis
  • Aorta Insufisiensi

Continue reading “ASUHAN KEPERAWATAN ANGINA PECTORIS”

ANATOMI FISIOLOGI JANTUNG

Edited By : WINDA DARPIANUR, S.Kep., Ns.

Jantung

Letak : pada rongga mediastinum dan diantara kedua paru

Selaput yang mengelilingi jantung : pericardium terdiri dari pericardium parietalis dan viseralis. Diantaranya terdapat cairan pericardium.

Dindingnya terdiri dari 3 lap : epicardium, miocardium dan endocardium.

Ruang Jantung

1. ATRIUM KANAN
2. ATRIUM KIRI
3. VENTRIKEL KANAN
4. VENTRIKEL KIRI

Katub-katub jantung

1. Katub Atrioventrikuler

Katub trikuspid: mempunyai 3 daun katub, antara RA dan RV.

Katub mitral : mempunyai 2 daun katub, antara LA dan LV.

2. Katub Semilunar, mempunyai 3 daun katub

K. Pulmonal : pada A. pulmonalis dan RV.

K. Aorta : antara aorta dan LV.

Continue reading “ANATOMI FISIOLOGI JANTUNG”

KONSEP PEMERIKSAAN FISIK

GambarEdited  By : Winda Darpianur, S.Kep, Ns

PENGERTIAN

Pemeriksaan fisik adalah sebuah proses dari seorang tenaga kesehatan dalam memeriksa tubuh pasien untuk menemukan tanda klinis penyakit.

Pemeriksaan fisik merupakan peninjauan dari ujung rambut sampai ujung kaki pada setiap sistem tubuh yang memberikan informasi objektif tentang klien dan memungkinkan perawat untuk membuat penilaian klinis

TUJUAN PEMERIKSAAN FISIK

  • Sebagai skrining rutin untuk meningkatkan perilaku sejahtera
  • Sebagai tindakan kesehatan preventif
  • Penerimaan di RS dan fasilitas perawatan jangka panjang

TUJUAN PEM. FISIK BAGI PERAWAT

  • Mengumpulkan data dasar tentang kesehatan klien
  • Menambah, menginformasikan atau menyangkal data yang diperoleh dalam riwayat keperawatan
  • Mengonfirmasi dan mengidentifikasi diagnosa keperawatan
  • Membuat penilaian klinis tentang perubahan status kesehatan klien dan penatalaksanaannya
  • Mengevaluasi hasil fisiologis dari asuhan

METODE PEMERIKSAAN FISIK

  • INSPEKSI
  • PALPASI
  • PERKUSI
  • AUSKULTASI

Continue reading “KONSEP PEMERIKSAAN FISIK”

Blog di WordPress.com.

Atas ↑