Kapan tahi lalat menjadi pemanis dan kapan jadi penyakit??

Tahi lalat atau mole ini terjadi dari melanocyte yaitu sel kulit yang menghasilkan pigmen. Walaupun sebagian besar tahi lalat tidak menimbulkan masalah bukan tidak mungkin benda kecil ini menjadi kanker. Kanker yang terjadi dari tahi lalat disebut melanoma dan termasuk jenis kanker kulit yang paling serius. Melanoma belum diketahui sebabnya, tetapi beberapa faktor tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita melanoma, seperti paparan terhadap matahari dan warna kulit. Seseorang dengan warna kulit pucat lebih mudah terkena melanoma dibandingkan yang berkulit gelap.

Mau tahu cara mudah mendiagnosa kapan tahi lalat berubah menjadi masalah???

Caranya gampang dan mudah diingat: Ingat ABCDE….

Asymmetry       : atau asimetris kalau separuh bentuk tahi lalat tidak sama dengan   tahi lalat separuhnya lagi.

Border               : atau batas, Jika garis batas tahi lalat mulai berbentuk tidak beraturan atau kabur dan tidak jelas bedanya dengan kulit sekeliling.

Color                 : atau warna, jika tahi lalat menunjukkan lebih dari satu warna atau warna yang tidak umum seperti kecoklatan, hitam atau krem dan terkadang merah, biru atau putih.

Diameter           : atau ukuran, jika tahi lalat anda menjadi lebih besar dari penghapus yang biasanya ada di ujung pensil (walaupun terkadang ada melanoma yang ukurannya lebih kecil).

Elevation           : atau elevasi, jika tahi lalat anda yang tadinya rata menjadi menyembul dari kulit.

Cegah Tahi Lalat menjadi Kanker

Penyebab eksternal utama kanker kulit adalah paparan sinar matahari.

  • Jangan lupa dan jangan pelit menggunakan tabir surya (minimal SPF 30). Oleskan juga pada bagian-bagian seperti telinga, leher, hidung, tangan, jari kaki dan bibir. Tempat-tempat ini biasanya menjadi tempat munculnya kelainan kulit pertama kalinya.
  • Jika harus keluar ruangan saat hari sedang terik, gunakan pakaian yang melindungi kulit seperti baju berlengan panjang, topi bertepi lebar dan bercelana panjang.
  • Jangan terlalu lama berada di sekitar pasir atau air (seperti di pantai) karena permukaannya memantulkan efek buruk sinar matahari.

2 thoughts on “Kapan tahi lalat menjadi pemanis dan kapan jadi penyakit??

Mohon tinggalkan komentarnya ya SOBAT ^__^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s