7 Tanda & Gejala penyakit yang TIDAK boleh diabaikan!!!

7 Signs and Symptoms NOT TO IGNORE…

PENTING untuk diketahui !!!

Tahukah sobat???Penyakit terdeteksi saat telah menjadi parah dan mendesak untuk segera diobati. Kita sering lupa bagaimana  gejala awal penyakit tersebut sampai akhirnya diketahui telah sampai pada stadium lanjut. Padahal, gejala awal tsb dapat menjadi alarm suatu penyakit lho..
Ok..Mari qt lihat>>>>

7 Tanda-tanda dan gejala penyakit yang tidak boleh diabaikan.

1. PENURUNAN BERAT BADAN MENDADAK
Kehilangan berat badan bagi sebagian orang mungkin bagaikan mimpi yg menjadi kenyataan (wahh..). Bahkan orang rela melakukan diet ketat demi mendapatkan tubuh ideal yang sangat didambakannya. Namun, tidak begitu halnya dengan penurunan berat badan yang mendadak dan sulit dijelaskan. Hal ini dapat merupakan tanda adanya masalah kesehatan serius. Jika dalam waktu 6 bulan terakhir, sobat telah kehilangan 10% dari berat badan sebelumnya maka WASPADALAH dan PERIKSALAH ke pusat pelayanan kesehatan terdekat. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan ini bisa saja disebabkan oleh berbagai kondisi seperti hipertiroidisme, diabetes, depresi, penyakit hati, kanker atau gangguan penyerapan nutrisi (malabsorpsi). (tuhh khan!!) NEXT….

2. DEMAM PERSISTEN ATAU TINGGI
Demam merupakan pertahanan tubuh pada saat tubuh terserang infeksi. Demam yang terjadi lebih dari 3 hari disebut demam persisten yang dapat menjadi sinyal tersembunyi dari penyakit infeksi saluran kemih sampai penyakit TBC. Dalam beberapa kasus, kondisi kanker (ganas) seperti limfoma juga menyebabkan demam berkepanjangan atau persisten. Selain itu, jika sobat mengalami demam tinggi sebesar 103 F (39,40 C) atau lebih tinggi dari itu, segera konsultasikan ke dokter sesegera mungkin.

3. SESAK NAPAS
Sesak napas dapat disebabkan oleh hidung tersumbat atau kelelahan. Sesak napas yang parah lebih dari yg disebabkan hal diatas dapat menandakan masalah kesehatan. Jika sobat pernah merasakan tidak bisa bernapas, megap-megap atau mengi serta sesak saat berbaring WASPADALAH. Mungkin penyebabnya adalah penyakit paru obstruktif kronik, bronkitis kronis, asma, pneumonia, bekuan darah di paru-paru (emboli paru) serta jantung dan masalah paru-paru lainnya. Kesulitan bernapas juga dapat terjadi dengan serangan panik episode kecemasan intens yang dapat menyebabkan denyut jantung yang cepat, berkeringat, sesak napas dan gejala fisik lainnya.

4. PERUBAHAN KEBIASAAN BUANG AIR BESAR
Kebiasaan BAB normal bervariasi pada tiap orang. Waspadalah apabila terjadi perubahan BAB yang tidak biasanya seperti:
• Berdarah, tinja berwarna hitam atau lengket
• Diare persisten atau sembelit
Perubahan kebiasaan buang air besar bisa menandakan adanya infeksi bakteri seperti campylobacter atau salmonella atau infeksi virus dan parasit. Penyebab lain yang mungkin adalah  sindrom iritasi usus besar dan kanker usus besar.

5. KEBINGUNGAN ATAU PERUBAHAN KEPRIBADIAN
Carilah bantuan medis jika sobat memiliki ciri2 sbb:
• Mendadak bingung
• Kebingungan tentang waktu atau tempat (disorientasi)
• Tiba-tiba bermasalah dengan konsentrasi atau memori
• Berubah kepribadian atau perilaku, seperti, menjadi agresif
Perubahan perilaku atau berpikir dapat disebabkan oleh banyak masalah kesehatan  termasuk infeksi, anemia, gula darah rendah, dehidrasi atau kondisi kesehatan mental. Kadang kala konsumsi obat yang lama berkontribusi terhadap perubahan kebingungan atau kepribadian.

6. MERASA KENYANG SETELAH MAKAN SANGAT SEDIKIT
Jika sobat sering merasa kenyang lebih cepat dari biasanya atau setelah makan kurang dari biasanya segera konsultasikan ke petugas pelayanan kesehatan. Perasaan yang dikenal sebagai cepat kenyang juga dapat disertai mual, muntah, kembung dan demam.
Kemungkinan penyebabnya adalah  penyakit reflux gastroesophageal, umumnya dikenal sebagai GERD dan irritable bowel syndrome. Dalam beberapa kasus, masalah yang lebih serius seperti kanker pankreas dapat menjadi faktor penyebabnya.

7. KILATAN CAHAYA
Titik atau kilatan cahaya dan gangguan visual lain dapat menunjukkan adanya migrain dan ablasi retina. Segera lakukan perawatan medis untuk mencegah kehilangan penglihatan permanen.

Tuhh..sudah jelas khan sobat..
Ayo.. kenali tandanya dan antisipasi untuk kemungkinan terburuknya karena KESEHATAN BEGITU BERHARGA..
Sekian artikel kesehatan kali ini..
Semoga bermanfaat ^^

Source: mayoclinic.com
Translate: Ners Winda

4 thoughts on “7 Tanda & Gejala penyakit yang TIDAK boleh diabaikan!!!

Mohon tinggalkan komentarnya ya SOBAT ^__^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s