Yuk cari tahu tentang kebiasaan Mendengkur…

Sobat mempunyai kebiasaan mendengkur (snoring),,jangan khawatir!!
Mari kita kenali kebiasaan ini lebih dekat dan ketahui cara penanganannya..Let’s see it😉

1. Definisi
Mendengkur adalah suara serak atau keras yang terjadi ketika napas terhambat saat sedang tidur. Kadang-kadang mendengkur dapat menunjukkan kondisi kesehatan yang serius. Sebanyak setengah dari orang dewasa mempunyai kebiasaan mendengkur. Mendengkur terjadi ketika udara terhambat mengalir di tenggorokan dan menyebabkan jaringan bergetar saat bernafas sehingga menciptakan suara-suara menjengkelkan.
Perubahan gaya hidup seperti menurunkan berat badan dan menghindari alkohol sebelum tidur dapat membantu menghentikan kebiasaan mendengkur. Selain itu, peralatan medis dan pembedahan juga dapat mengurangi kebiasaan mendengkur. Namun, hal ini tidak serta merta cocok atau diperlukan untuk semua orang yang mendengkur.
Mari kita lihat lagi>>>

2. Gejala
Tergantung pada penyebab mendengkur. Selain kebisingan yang disebabkan oleh mendengkur, hal lain yg dapat terjadi adalah:
• Rasa kantuk di siang hari yang berlebihan
• Kesulitan berkonsentrasi
• Sakit tenggorokan
• Gelisah saat tidur
• Serasa terengah-engah atau tercekik pada malam hari
• Tekanan darah tinggi
• Denyut jantung tidak teratur

Segera hubungi ahli kesehatan anda apabila:
• Anda mendengkur begitu keras dan mengganggu tidur pasangan Anda
• Anda bangun tersedak atau terengah-engah
Ini mungkin menunjukkan Anda mendengkur disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti kesulitan bernafas saat tidur.
Jika anak Anda mendengkur, tanyakan dokter anak Anda tentang hal itu. Anak-anak dapat memiliki kesulitan bernafas saat tidur juga. Tapi, masalah hidung dan tenggorokan seperti pembesaran amandel dan obesitas seringkali mendasari kebiasaan mendengkur pada anak-anak. Mengobati kondisi ini bisa membantu tidur anak Anda tidur lebih baik.

3. Penyebab
Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan mendengkur seperti anatomi mulut Anda dan sinus, konsumsi alkohol, alergi, pilek, dan berat badan Anda.
Ketika Anda tertidur, otot-otot di langit-langit mulut (soft palate), lidah dan tenggorokan rileks. Saat udara masuk jaringan di tenggorokan Anda dapat bergetar dan sebagian dapat menyumbat saluran napas Anda. Aliran udara yang lebih kuat semakin mempersempit saluran napas. Hal ini menyebabkan getaran jaringan meningkat yang membuat Anda mendengkur lebih keras.
Kondisi berikut dapat mempengaruhi jalan napas dan menyebabkan mendengkur:
• Anatomi mulut Anda memiliki langit-langit  rendah lunak tebal atau pembesaran amandel atau jaringan di belakang tenggorokan (adenoid) dapat mempersempit jalan napas Anda.. Demikian juga uvula yang memanjang dapat menghalangi aliran udara dan getaran semakin meningkat.
• Kelebihan berat badan. Berat badan ekstra dapat tenggorokan Anda dan berkontribusi terhadap penyempitan saluran napas Anda.
• Konsumsi alkohol. Mendengkur juga bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol terlalu banyak sebelum tidur. Alkohol melemaskan otot-otot tenggorokan dan menurunkan pertahanan alami Anda terhadap obstruksi jalan napas.
• Masalah Hidung. Kongesti nasal kronis atau partisi bengkok antara lubang hidung Anda (septum hidung menyimpang) dapat menyebabkan mendengkur Anda.
• Kesulitan bernafas saat tidur (Sleep apnea). Mendengkur juga dapat dikaitkan dengan kesulitan bernafas saat tidur. Dalam kondisi serius, jaringan tenggorokan menyumbat saluran napas dan mencegah Anda bernapas. Sleep apnea seringkali ditandai dengan mendengkur keras diikuti oleh periode keheningan ketika napas berhenti atau hampir berhenti. Kadang-kadang, obstruksi lengkap tidak terjadi, melainkan saat mendengkur, saluran napas menjadi sangat kecil sehingga aliran udara tidak memadai untuk kebutuhan Anda. Akhirnya, kurangnya oksigen dan peningkatan karbon dioksida memaksa anda bangun dan memaksa jalan napas Anda terbuka dengan mendengus keras atau suara terengah-engah. Pola ini dapat diulangi berkali-kali pada malam hari. Untuk dapat didiagnosis dengan apnea tidur obstruktif, periode saat napas lambat atau berhenti harus terjadi setidaknya lima kali satu jam.

4. Faktor risiko
Faktor risiko mendengkur meliputi:
• Menjadi seorang pria. Pria lebih cenderung mendengkur atau apnea saat tidur daripada perempuan.
• Kelebihan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas cenderung mendengkur atau apnea tidur obstruktif.
• Memiliki saluran napas yang sempit. Beberapa orang memiliki amandel besar atau kelenjar gondok. Sementara yang lain mungkin memiliki langit-langit lunak panjang yang dapat mempersempit jalan napas dan menyebabkan mendengkur.
• Minum alkohol. Alkohol melemaskan otot-otot tenggorokan, meningkatkan risiko mendengkur.
• Memiliki masalah hidung. Jika Anda memiliki cacat struktural dalam saluran napas Anda, seperti septum menyimpang maka risiko mendengkur lebih besar.

5. Komplikasi

Kebiasaan mendengkur dapat menyebabkan gangguan lanjut seperti:
• Mengantuk di siang hari
• Masalah dengan pasangan
• Kesulitan berkonsentrasi
• Beresiko lebih besar penyebab tekanan darah tinggi, gagal jantung dan stroke
• Peningkatan risiko masalah perilaku, seperti gangguan attention-deficit/hyperactivity (ADHD) pada anak-anak dengan apnea tidur obstruktif
• Peningkatan risiko kecelakaan kendaraan bermotor akibat kurang tidur

6. Tes dan diagnosis

  • Pemeriksaan fisik
    Pasangan Anda mungkin perlu untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang kapan dan bagaimana Anda mendengkur untuk menilai keparahan masalah. Orang tua ditanya tentang keparahan mendengkur anak.
  • Pencitraan
    Pencitraan sinar-X yaitu sebuah computerized tomography (CT) scan atau magnetic resonance imaging (MRI) untuk memeriksa masalah pada struktur saluran napas seperti septum menyimpang.
  • Studi tidur
    Tergantung pada keparahan dari mendengkur dan gejala lain. Hal ini mungkin mengharuskan Anda menginap semalam di sebuah pusat tidur untuk menjalani sebuah analisis mendalam tentang kebiasaan tidur Anda dengan tim spesialis yang disebut polisomnografi. Menggunakan sensor ditempatkan pada kepala dan berbagai bagian tubuh dan otak Anda untuk mencatat gelombang tidur, mengamati tingkat oksigen darah, denyut jantung dan tingkat pernapasan serta gerakan mata dan kaki selama tidur.  Kadang-kadang, tes ini dapat dilakukan di rumah tetapi di pusat tes tidur cenderung lebih akurat daripada yang dilakukan di rumah.

7. Perawatan dan obat-obatan

Rekomendasikan perubahan gaya hidup, seperti menurunkan berat badan, menghindari alkohol sebelum tidur dan mengubah posisi tidur. Jika perubahan gaya hidup tidak menghilangkan mendengkur, maka perlu dilakukan hal berikut:
• Memasang peralatan oral. Peralatan oral corong bentuk pas gigi yang membantu memajukan posisi lidah dan langit-langit lunak untuk menjaga saluran udara terbuka. Jika Anda memilih untuk menggunakan alat mulut, mengunjungi spesialis gigi Anda setidaknya sekali setiap enam bulan selama tahun pertama, dan kemudian sedikitnya setahun setelah itu, untuk memeriksa dan memastikan bahwa kondisi Anda tidak memburuk. Air liur berlebihan, mulut kering, nyeri rahang dan ketidaknyamanan wajah adalah  efek samping dari memakai perangkat tersebut.
• Tekanan udara positif kontinu (CPAP). Pendekatan ini melibatkan mengenakan masker bertekanan diatas hidung Anda saat Anda tidur. Topeng ini melekat pada sebuah pompa kecil melalui saluran napas Anda yang terus terbuka. CPAP (SEE-smear) menghilangkan mendengkur dan mencegah apnea tidur. Meskipun CPAP adalah metode yang disukai mengobati apnea tidur obstruktif dan itu efektif, beberapa orang merasa tidak nyaman atau memiliki kesulitan menyesuaikan diri dengan suara mesin.Jika Anda mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan mesin, konsultasikanlah dengan ahli kesehatan anda. Ada penyesuaian yang dapat dibuat, seperti menambahkan humidifier dipanaskan, yang mungkin bisa membantu membuat Anda lebih nyaman.
• Implan palatal
Dalam prosedur ini yang dikenal sebagai prosedur Pilar, helai filamen poliester dikepang yang disuntikkan ke langit-langit lunak Anda, yang menegang dan mengurangi mendengkur. Tidak ada efek samping serius dari prosedur ini.
• Operasi Tradisional
Dalam prosedur yang disebut uvulopalatopharyngoplasty (UPPP), anda diberi anestesi umum dan dokter bedah Anda mengencangkan jaringan tenggorokan anda. Resiko dari prosedur ini termasuk perdarahan, infeksi, nyeri dan hidung tersumbat.
• Operasi laser
Dalam operasi rawat jalan untuk mendengkur yang disebut laser dibantu uvulopalatoplasty (LAUP). Dokter menggunakan sinar laser kecil untuk memperpendek langit-langit lunak dan menghapus uvula Anda. Menghapus kelebihan jaringan, memperbesar jalan napas dan mengurangi getaran. Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu sesi untuk mengendalikan dengkuran anda. Operasi Laser umumnya tidak dianjurkan untuk apnea tidur, karena belum terbukti efektif untuk apnea tidur. Risiko yang mungkin dari prosedur ini termasuk rasa sakit, infeksi, perdarahan dan hidung tersumbat.
• Ablasi jaringan frekuensi radio (somnoplasty). Dalam hal ini jenis operasi, dokter menggunakan intensitas rendah-sinyal frekuensi radio untuk menghapus bagian dari langit-langit lunak untuk mengurangi mendengkur. Ini adalah prosedur rawat jalan dilakukan selama anestesi lokal. Efektivitas prosedur masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Umumnya prosedur ini tidak menyakitkan seperti operasi mendengkur jenis lain.

8. Pengobatan alternatif

Mendengkur adalah suatu masalah yang umum, ada produk yang tersedia, seperti semprotan hidung atau terapi homeopati. Namun, sebagian besar produk belum terbukti efektif dalam uji klinis. Sebagai contoh, MSM (methylsulfonylmethane) dipasarkan dalam formula penurunan hidung untuk mengobati mendengkur, tetapi tidak ada bukti pasti telah telah efektif pada mendengkur.
Terapi yang dapat membantu mengurangi dengkuran Anda meliputi:
• BERMAIN DIDGERIDOO DIDGERIDOO, alat musik yang menghasilkan suara mendengung,. Dapat membantu melatih otot-otot saluran udara bagian atas. Sebuah British Medical Journal (2006) telah melakukan studi dengan menggunakan instrumen pada penderita apnea tidur yang mengeluh tentang mendengkur. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memainkan alat musik selama sekitar 25 menit sehari dalam seminggu telah mengurangi rasa kantuk di siang hari (komplikasi dari apnea tidur dan mendengkur). Namun, penelitian ini masih terlalu awal dan memerlukan penelitian lebih lanjut.
• BERNYANYI. Bernyanyi dapat membantu meningkatkan kontrol otot langit-langit lunak dan tenggorokan bagian atas. Satu studi awal menemukan penurunan mendengkur pada peserta yang dilakukan latihan menyanyi selama 20 menit sehari selama tiga bulan. Para peserta adalah orang dewasa, tidak punya masalah hidung dan tidak kelebihan berat badan. Masih perlu penelitian lebih lanjut bagi tehnik ini.

Sekian artikel kesehatan kali ini.. Semoga bermanfaat ^^

Source: mayoclinic.com
Translate: Ners Winda

4 thoughts on “Yuk cari tahu tentang kebiasaan Mendengkur…

Mohon tinggalkan komentarnya ya SOBAT ^__^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s